Cara Mengklaim Bisnis di Google

Cara Mengklaim Bisnis di Google

Cara Mengklaim Bisnis di Google – Membangun kehadiran online yang kuat untuk bisnis dan merek Anda sangatlah penting. Karena Google adalah mesin pencari utama yang digunakan oleh sebagian besar pengguna internet, mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku adalah langkah yang bagus untuk meningkatkan keberadaan bisnis Anda secara online . Tapi coba tebak, mencantumkan bisnis Anda tidak cukup; Anda harus “mengklaim” juga.

Cara Mengklaim Bisnis di Google

Cara Mengklaim Bisnis di Google

Untuk mengklaim bisnis di mesin pencari , Anda harus membuktikan bahwa Anda adalah perwakilan asli dari sebuah merek, bisnis, organisasi, atau entitas. Tujuan akhirnya adalah untuk memverifikasi bahwa bisnis Anda asli dan informasi yang diberikan tentang bisnis Anda akurat.

Dengan melakukan Cara Mengklaim Bisnis di Google itu, Anda dapat menikmati manfaat tambahan seperti peningkatan visibilitas (bisnis yang diklaim memiliki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian), peningkatan lalu lintas organik, dan akibatnya, peningkatan penjualan.

Saat Anda mengklaim bisnis di Google, Anda akan memiliki kontrol penuh atas bagaimana informasi bisnis Anda muncul di Google. Anda juga membuka lebih banyak fitur yang memungkinkan Anda meningkatkan keberadaan digital dan berinteraksi dengan pelanggan langsung di Google. Misalnya, hanya bisnis terverifikasi / diklaim yang dapat membalas ulasan pelanggan di Google.

Prosesnya sangat mudah. Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk mengklaim atau mendaftarkan bisnis Anda di Google agar muncul di hasil penelusuran lokal, Maps, dan produk Google lainnya.

Sebagian besar bisnis lokal ingin mengarahkan lebih banyak orang ke situs web mereka, atau muncul lebih tinggi di hasil penelusuran Google, jadi mengklaim bisnis Anda di Google adalah langkah pertama yang bagus.

Apakah Bisnis Anda Tercantum di Google?

Cara Mengklaim Bisnis di Google

Langkah pertama untuk Cara Mengklaim Bisnis di Google adalah memeriksa apakah bisnis tersebut ada di Google atau tidak. Untuk melakukan ini, cari nama bisnis Anda di Google dan periksa apakah ada panel pengetahuan yang didedikasikan untuk bisnis Anda. Panel pengetahuan adalah sidebar di sebelah kanan halaman hasil pencarian Google.

Jika bisnis Anda sudah terdaftar di Google, lompat ke bagian berikutnya untuk mempelajari cara mengklaim bisnis.

Cara Mengklaim Bisnis yang Terdaftar di Google

Memiliki panel pengetahuan tidak berarti bisnis Anda telah diklaim. Itu hanya memberi tahu Anda bahwa Google telah mendaftarkan bisnis Anda secara otomatis menggunakan data dari beberapa sumber. Jika panel info memiliki tulisan “Miliki bisnis ini” , itu berarti bisnis Anda tidak diklaim.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk Cara Mengklaim Bisnis di Google Anda.

  1. Klik Miliki bisnis ini untuk memulai proses mengklaim bisnis Anda.
  2. Klik tombol Kelola sekarang .
  3. Masukkan nama perwakilan tepercaya yang dapat menerima kartu pos verifikasi untuk bisnis Anda. Bisa jadi nama Anda, manajer bisnis, atau staf tepercaya. Klik Mail untuk melanjutkan.

Catatan: Pastikan Anda masuk ke akun Google (pribadi atau bisnis) Anda di browser.

Kartu pos berisi kode 5 digit yang akan Anda gunakan untuk memverifikasi kepemilikan dan keaslian bisnis. Google dapat meminta informasi tambahan tentang bisnis Anda sebelum mengirimkan kartu pos ke alamat bisnis Anda.

Mungkin perlu waktu hingga beberapa hari atau minggu sampai kartu pos sampai kepada Anda. Ini karena faktor-faktor seperti jarak, efisiensi kurir, dan keadaan tak terduga lainnya. Sementara Anda menunggu kartu pos verifikasi, Anda dapat memberikan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda — jam buka, deskripsi, gambar produk atau toko Anda, dll. Ini hanya akan terlihat oleh pelanggan hanya setelah Google memverifikasi bisnis Anda.

Catatan: Jangan edit informasi berikut sambil menunggu verifikasi kartu pos:

  • Nama Bisnis
  • Alamat
  • Kategori Bisnis

Mengubah salah satu informasi ini akan menunda verifikasi bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memeriksa ulang informasi yang Anda berikan sebelum mengajukan verifikasi.

Memverifikasi Bisnis Anda

Langkah terakhir untuk Cara Mengklaim Bisnis di Google Anda adalah verifikasi kartu pos. Saat Anda mendapatkan kartu pos, login ke dasbor Google Bisnisku dan verifikasi bisnis Anda.

  1. Klik Masukkan kode verifikasi di sebelah nama bisnis.
  2. Masukkan kode verifikasi ke dalam kotak yang tersedia dan klik Verifikasi .

Bisnis Anda akan segera diverifikasi dan muncul seperti yang diklaim di Google.

Cara Mendaftar Bisnis di Google

Jika Anda tidak menemukan panel pengetahuan untuk bisnis Anda di halaman hasil, itu berarti bisnis Anda tidak terdaftar atau diklaim di Google. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencantumkan bisnis Anda secara manual di Google agar muncul di hasil penelusuran.

  1. Kunjungi halaman pembuatan Google Bisnisku dan masukkan nama bisnis Anda ke dalam kotak pencarian. Sekali lagi, jika bisnis Anda tidak muncul di hasil pencarian, itu belum terdaftar di Google.
  2. Klik Buat bisnis dengan kartu nama ini yang muncul di bawah bilah pencarian.
  3. Anda harus memberikan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda (mis. Nama bisnis, kategori bisnis, dll.). Pastikan informasi yang diberikan akurat. Salah ketik, salah, ejaan salah, dan kesalahan lainnya dapat menyebabkan masalah seperti verifikasi tertunda.
  4. Anda juga harus menambahkan lokasi, terutama jika Anda menjalankan bisnis fisik dengan toko fisik atau kantor.
  5. Jika informasi yang Anda berikan serupa dengan beberapa bisnis yang terdaftar sebelumnya di Google, teliti bisnis tersebut dan konfirmasi apakah bisnis tersebut milik Anda. Pilih Tidak satu pun dari ini dan klik Berikutnya untuk melanjutkan.
  6. Ikuti permintaan dan berikan informasi sebanyak mungkin tentang bisnis Anda. Ingat, semakin banyak informasi (akurat) yang Anda berikan, semakin mudah calon pelanggan menemukan bisnis Anda melalui Google Penelusuran dan Maps .
  7. Klik Selesai untuk melanjutkan ke verifikasi.
  8. Masukkan nama atau posisi perwakilan yang berwenang untuk mengelola bisnis di tempat yang tersedia dan klik Surat .

Informasi lokasi juga membantu Google menentukan di mana dan bagaimana menampilkan listingan bisnis Anda. Ini juga diperlukan untuk tujuan verifikasi.

Catatan: Pastikan Anda memasukkan nama bisnis yang benar. Anda juga dapat mencoba beberapa variasi nama bisnis Anda untuk memastikan bahwa tidak ada yang mendaftarkan bisnis Anda.

Catatan: Bisnis yang baru terdaftar tidak akan muncul di Google sampai verifikasi selesai. Jadi, Anda mungkin harus menunggu berminggu-minggu sebelum listingan Anda muncul di Google Penelusuran dan Maps.

Bagaimana Google Memverifikasi Bisnis

Google melakukan verifikasi untuk mengidentifikasi bisnis asli dan untuk mencegah daftar penipuan atau duplikat.

Saat menulis artikel ini, ada 5 cara berbeda Google memverifikasi bisnis:

  • Verifikasi surat / kartu pos.
  • Verifikasi melalui Telepon.
  • Verifikasi melalui email.
  • Verifikasi instan.
  • Verifikasi Massal.

Kartu pos surat adalah metode verifikasi bisnis default. Jika bisnis Anda memenuhi syarat untuk verifikasi telepon atau email, Google akan menyediakan opsi untuk Anda. Opsi verifikasi ini (email dan telepon) sebagian besar tersedia untuk bisnis area layanan , yaitu bisnis yang tidak melayani pelanggan di alamat fisik mereka.

Untuk menggunakan Verifikasi Instan, Anda harus mengonfigurasi dan memverifikasi bisnis Anda melalui Google Search Console . Verifikasi massal hanya tersedia untuk akun yang mengelola beberapa (setidaknya 10 atau lebih) bisnis.

Klaim Bisnis Anda Tanpa Biaya!

Setelah mengikuti Cara Mengklaim Bisnis di Google Ada kemungkinan besar bahwa bisnis Anda ada di Google dan Anda mendapatkan keuntungan dari lalu lintas gratis yang diarahkan oleh cantuman yang dibuat secara otomatis ke bisnis Anda. Ini bagus. Namun, Anda kehilangan traffic organik potensial jika Anda tidak memverifikasi dan mengklaim bisnis Anda di Google.

Google mengenali dan memberi peringkat bisnis terverifikasi di atas entitas yang tidak diklaim dalam hasil mesin pencari. Bisnis yang diklaim menempatkan Anda di kursi pengemudi, mengarahkan visibilitas dan pertumbuhan merek Anda di Google. Anda dapat membalas ulasan pelanggan, menggunakan Google Postingan untuk membuat konten, berbagi foto resmi (berlabel “Dari pemilik”), dan banyak lagi.

Jika Anda ingin meningkatkan kesuksesan bisnis online Anda tanpa biaya, Cara Mengklaim Bisnis di Google adalah tempat yang baik untuk memulai.


Demikian ulasan mengenai Cara Mengklaim Bisnis di Google, semoga setelah membaca artikel ini anda tidak kesulitan dalam melakukan hal diatas. Selamat mencoba.

Adipati Project
Adipati - Hallo Teknologi